Selamat datang ... di Layanan Informasi Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan ...
Banner
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang pelayanan kami ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 9330 visitors
  Hits : 118423 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

dinsos@sumselprov.go.id    

Apa itu BPJS

Tanggal : 05-09-2018 14:20, dibaca 71 kali.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau bisa disingkat BPJS, merupakan sebuah lembaga negara yang dibentuk sebagai penyelenggara program pemerintah yakni jaminan sosial di Indonesia berdasar dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011.

Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tersebut, berkaitan tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, maka BPJS merupakan sebuah lembaga dengan badan hukum nirlaba.

Sedangkan berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011, BPJS ini akan menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial yang sebelumnya sudah ada di Indonesia yaitu, lembaga asuransi jaminan kesehatan PT Askes Indonesia menjadi BPJS Kesehatan dan lembaga jaminan sosial ketenagakerjaan PT Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Transformasi dari dua lembaga sebelumnya, PT Askes dan PT Jamsostek menjadi BPJS dilakukan secara bertahap. Dimulai pada awal 2014, PT Askes berubah nama menjadi BPJS Kesehatan, selanjutnya pada 2015 giliran PT Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Lembaga ini bertanggung jawab langsung terhadap Presiden. Untuk kantor BPJS sendiri berkantor pusat di Jakarta, serta memiliki kantor perwakilan di tingkat provinsi serta kantor cabang di tingkat kabupaten kota diseluruh Indonesia.

Anda bisa menjadi peserta layanan BPJS dengan cara mendaftar, baik secara online maupun mendatangi langsung kantor perwakilan BPJS terdekat di kota Anda. Untuk pendaftaran online, anda bisa mengikuti pendauannya dibeberapa situs website yang sudah banyak beredar di internet, atau bisa langsung melalui link berikut ini: Mau Daftar BPJS Secara Online, Begini Caranya



Pengirim : Admin
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas